Banyak Baca Banyak Tau Ko Lae

Wednesday, November 23, 2016

DATA FISIK MATAHARI

 




    BESARNYA. Matahari merupakan bola gas mahabesar yang menyala dan panas luarbiasa. Diameter matahari kira-kira 1.400.000 km lebih dari 100 kali diameter bumi. Kita akan mengira bahwa sebuah bola sebesar matahari luar biasa berat. Kenyataannya, massa matahari itu sama dengan 333.420 kali massa bumi. Oleh karena berat jumlah gas yang mahabesar ini, maka tekanan pada pusat matahari lebih dari 1 juta metrik ton setiap cm2.


Ukuran Matahari Lebih Kecil Dari Pada Bintang-bintang Canis Majoris


        KEPADATAN. Meskipun massa matahari itu besar, kepadatan rata-ratanya, berat suatu volume standart zatnya hanya 1.4 kali berat satu volume air yang sama. Sebaliknya, bumi 5.5 kali lebih padat dari air. Kepadatan matahari yang rendah ini dapat diterangkan dengan mudah. Pusat matahari, karena tekanan yang mahabesar, adalah lebih dari 100 kali dari kepadatan air. Namun, sebagian besar matahari diluar pusatnya tersusun dari gas, yang seringkali lebih tipis dari atmosfer bumi. Bila berbagai kepadatan ini di ambil rata-rata secara bersama, maka kepadatan umum matahari sangat rendah.

       GRAVITASINYA. Oleh karena massanya yang besar itu, maka matahari mempunyai suatu tarikan gravitasi 28 kali lebih kuat daripada tarikan bumi. Hal ini berarti bahwa seorang yang beratnya 90 kg di bumi, jika berada di permukaan matahari beratnya akan menjadi 28x90 kg, sama dengan 2.520 kg. (keburu gosong :D)
   
       SUHU. Matahari seperti sebuah tungku mahabesar yang pada pusatnya dikobarkan oleh energi nuklir atau atom Di pusat suhunya mungkin mencapai 14.000.000° C atau lebih. Namun suhu pada permukaan matahari menjadi jauh lebih dingin yaitu diantara 5.000° dan 6.000° C. Suhu ini masih cukup panas untuk menguapkan hampir semua zat yang ada di bumi. Struktur. Matahari itu tersusun dari beberapa daerah yang berbeda. Matahari mempunyai atmosfer yang yerdiri dari dua lapisan. Dibawah atmosfer terletak di permukaan yang disebut fotosfer. Berbagai noda matahari merupakan suatu ciri penting dari permukaab matahari. Bagian dalam dan pusat seperti yang telah kita ketahui adalah panas yang hampir tak terbayangkan. Meskipun para ilmuwan tidak dapat dengan mudah meneliti bagian dalam matahari secara langsung, mereka telag mengembangkan teori tentang bagian itu dari apa yang telah mereka ketahui.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kategori

Fanpage

Search This Blog

Yogi P. Powered by Blogger.

Label Pilihan

About Me

My photo
Medan, Sumatera Utara, Indonesia

Labels