Banyak Baca Banyak Tau Ko Lae

Tuesday, November 15, 2016

TELESKOP DAN JAM

   Astronomi modern tumbuh berkat karya astronomi atau ilmuwan seperti Copernicus, Kepler, Galileo dan Newton. Perkembangan astronomi juga bergantung pada dua penemuan penting: Teleskop dan Jam.

Refracting Telescope

   Penemuan teleskop menjadikan langit terbuka bagi para ahli astronomi. Teleskop pertama merupakan sistem dua lensa sederhana. Lensa yang satu memusatkan cahaya lensa lainnya, yang terletak agak jauh adalah lensa mata, yang memperbesar bayangan yang telah di fokuskan. Teleskop jenis ini disebut Teleskop Pembias(Refraktor).   Newton sendiri memberikan sumbangan penting pada rancangan teleskop. Ia mengembangkan teleskop yang menggunakan cermin untuk memantulkan dan memusatkan cahaya. Teleskop jenis ini disebut Teleskop Pemantul(Reflektor).

Reflector Telescope

   Menjelang akhir abad ke XVII ahli astronomi Belanda, Christian Huygens.
Christian Huygens
 Tahun 1656
menemukan bandul jam yang pertama kali. Sampai saat itu, kita tidak munkin dapat mengukur waktu secara tepat. Seperti dalam ilmu eksakta lainnya, pengukuran dalam astronomi haruslah tepat, agar ilmu itu ada manfaatnya. Ilmuwan harus tetap mengikuti secara teliti kapan terjadinya peristiwa dan berapa lama berlangsungnya.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kategori

Fanpage

Search This Blog

Yogi P. Powered by Blogger.

Label Pilihan

About Me

My photo
Medan, Sumatera Utara, Indonesia

Labels