Banyak Baca Banyak Tau Ko Lae

Saturday, November 12, 2016

Jagat Raya


Gagasan Awal Tentang Jagat Raya

                Peradaban pertama yang mendapatkan pengertian sesungguhnya tentang benda-benda langit dan geraknya adalah peradaban Yunani Kuno. Beberapa ahli ilmu perbintangan yunani merupakan pengamat yang sangat  berhati-hati dan menyimpan cacatatan panjang dan sangat terperinci. Akan tetapi, sebagian besar pemikir yunani terutama tertarik pada pengembangan teori yang dapat menerangkan Jagat Raya.
                Beberapa teori mereka hampir cocok dengan apa yang sekarang dianggap benar oleh para ahli perbintangan. Orang-orang Yunani melakukan itu semua tanpa menggunakan suatu instrumen yang biasanya dihubungkan dengan ilmu perbintangan masa kini, seperti teleskop misalnya, sebagian besar pemikir Yunani itu mengerti bahwa sebenarnya bumi itu berbentuk bola, bukan datar. Bahkan salah satu seorang ahli ilmu perbintangan mereka menghitung dengan cukup teliti ukuran bumi dengan menggunakan metode GEOMETRI .

Anaxagoras
 Namun, beberapa ahli ilmu perbintangan Yunani memahami jagat raya dengan cara lain. Pada abad V sebelum masehi ahli ilmu perbintangan Yunani, Anaxagoras
memutuskan bahwa matahari, bumi, dan planet-planet bukanlah sekedar cahaya dilangit. Alih-alih, ia bahkan menggambarkannya sebagai benda padat seperti bumi.

Heraclides Ponticus



 Satu abad kemudian, pemikir Yunani Heraclides mempersembahkan gagasan baru yang lain. Ia menyatakan bahwa bumi bukannya tinggal diam. Sebaliknya, bumi berputar, yaitu berputar seperti sebuah gasing, Ia juga menyatakan bahwa planet-planet berputar mengelilingi matahari
Aristarchus of Samos





Beberapa tahun kemudian Aristarchus, melangkah lebih maju jauh menuju suatu pandangan jagat raya yang modern. Ia menyatakan bahwa bumi bukaanlah pusat semua benda. Ia malah berpikir bawah bumi itu berputar mengelilingi matahari.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kategori

Fanpage

Search This Blog

Yogi P. Powered by Blogger.

Label Pilihan

About Me

My photo
Medan, Sumatera Utara, Indonesia

Labels