Banyak Baca Banyak Tau Ko Lae

Monday, November 14, 2016

SISTEM PTOLEMEUS

 Gagasan yang disarankan oleh Aristarchus (lihat Jagat Raya) sebagian dari mereka tidak siap atau tidak bersedia menerima suatu teori baru. Kepercayaan umum masih tetap bahwa bumi itu diam dan teori Aristarchus pun tak di hiraukan.

Klaudius Ptolemeus

   Pada abad ke II Masehi, seorang ilmuan Yunani bernama Ptolemeus mengumpulkan semua pengetahuan perbintangan dan ilmu-ilmu lain pada zamannya ke dalam satu seri buku. Gambar Jagat Raya yang dikembangkannya dikenal dengan nama Sistem Ptolemeus, yang merupakan pandangan tentang Jagat Raya yang diterima umum selama kira-kira 1300 tahun.

   Dalam sistem Ptolemeus itu bulan, matahari, bintang-bintang dan planet-planet di perkirakan melalui jalan-jalan yang melingkar sempurna mengelilingi bumi. Memang untuk pengertian ini tidak ada alasan ilmiah. Hal itu hanya di sesuaikan dengan gagasan orang Yunani bahwa lingkaran merupakan bentuk yang sempurna. Sekarang kita mengetahyi bahwa planet bergerak menurut bentuk elips ketika planet-planet itu bergerak mengelilingi matahari. Akan tetapi, beberapa ahli ilmu perbintangan Yunani menyadari bahwa perjalanan planet, atau orbit, tidak benar-benar menyerupai lingkaran yang sempurna. Oleh karena itu, para pengikut sistem Ptolemeus berusaha mimikirkan cara untuk menerangkan fakta ini.






   Ptolemeus menyangka bahwa bumi terletak di pusat jagat raya dan bahwa matahari dan berbagai planet berputar mengelilingi bumi.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kategori

Fanpage

Search This Blog

Yogi P. Powered by Blogger.

Label Pilihan

About Me

My photo
Medan, Sumatera Utara, Indonesia

Labels