Banyak Baca Banyak Tau Ko Lae

Monday, November 14, 2016

HUKUM KEPLER


Sebuah foto Yohanes Kepler tahun 1610 oleh pelukis anon




 
   Johannes Kepler, menerima teori Copernicus (lihat Revolusi Copernicus) itu. Sebagai ahli matematika, Kepler mengerjakan tiga hukum yang berhubungan dengan orbit dari berbagai planet. Dengan mempelajari secara teliti catatan Brahe yang banyak sekali tentang Mars, ia yakin bahwa Mars melalui jalan yang berbentuk elips, bukan berbentuk lingkaran. Hukum pertama Kepler tentang gerak planet menyatakan bahwa sebuah planet bergerak dalam suatu elips dengan matahari pada pusatnya.



   Hukum kedua Kepler menerangkan variasi kecepatan sebuah planet dalam orbitnya. Apabila suatu planet berada paling dekat dari matahari, maka geraknya paling cepat dan apabila planet berada paling jauh dari matahari, maka geraknya paling lambat.

Source : Google



   Hukum ketiga Kepler menerangkan tentang jarak suatu planet dari matahari dengan periode-nya. Suatu periode planet adqlah waktu yang diperlukan oleh suatu planet untuk melakukan satu kali putaran mengelilingi matahari. Hukum itu menyatakn bahwa pangkat dua periode (P2) sama dengan pangkat tiga jarak (J3).

Share:

0 comments:

Post a Comment

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Kategori

Fanpage

Search This Blog

Yogi P. Powered by Blogger.

Label Pilihan

About Me

My photo
Medan, Sumatera Utara, Indonesia

Labels